Di hari pertama pelatihan, aku bertemu dengan beberapa teman2 UMKM dari Kelurahan Duren Sawit, setelah aku crosscheck ternyata mereka didaftarkan langsung oleh Pembimbing Jakpreneur Duren Sawit, hanya aku saja yang daftar melalui web dari kecamatan ini. Aku gak masalah sih, karena emang niatku mengisi waktu luang dengan menambah ilmu & teman.
Hari pertama pelatihan E-Smart, ternyata kami diberikan 1 layanan website untuk online store dengan brand kami masing2, wah asik ya iseng2 ngisi waktu berhadiah webstore ini judulnya. Diawali dengan pengenalan singkat mengenai domain, website, hosting dll. Karena kebanyakan peserta UMKM kebanyakan sudah cukup umur ya, generasi milenial dan baby bloomers, jadi cukup jadi ilmu baru untuk para peserta. Jadi hosting yang kita dapat dari KUMI, untuk alamat website usaha aku sendiri adalah Cemiland sesuai dengan brand aku, mampir ya ke webstore baruku...
Selain perkenalan singkat tentang webstore, kami belajar materi marketing, yang terdiri dari 7Ps yaitu:
Product
Process
People
Price
Place
Physical Evidence
Promotions
Materi ini sudah pernah aku pelajari waktu kuliah, tapi dengan praktek langsung brainstorming dengan pelaku UMKM lain aku jdi punya banyak insight. Ya, aku belum sempat mempraktekkan ilmu marketing yang aku pelajari selama 4 tahun sampai mendapat gelar S.Ikom karena begitu selesai wisuda langsung dilamar *loh koq jadi ngelantur yaaa 😂
Proses brainstorming dengan kelompok dalam membuat 7P's ternyata seru ya, karena kita punya pemikiran berbeda2 dan ketika kita cocok dengan satu keputusan kami merasa PD untuk mempresentasikannya.
Hari ke-2 diisi dengan pelatihan langsung bagaimana mengelola webstore yang sudah kita punya, para mentor sangat sabar dan detail menjelaskannya. Setelah belajar mengelola webstore, masuk ke materi selanjutnya yang sangat penting untuk marketing produk di era sosmed. Sedikit penjelasan mengenai Copywriting yang dipecah menjadi 3, yaitu:
1. Brand Copywriting
2. Marketing Copywriting
3. Content Copywriting
Intinya bagaimana sih kita membuat copywriting untuk konten sosmed kita agar pesan tentang brand kita tersampaikan ke masyarakat luas. Pada sesi ini dibagi kelompok lagi dan kami sama2 mencari kata2 copywriting yang pas untuk suatu produk, seru sih sesi belajar dengan praktek langsung begini otak jadi bergerak ga sekedar tangan mencatat penjelasan dari presentasi. Impactnya ke aku sendiri jadi lebih paham isi materinya dan bisa langsung aku apply ke instagram usahaku Cemiland
Hari ke-3, hari terakhir diisi dengan pengarahan dari KUMI tentang konfigurasi email yang cukup memakan waktu lama, tapi masyaaAllah mentor sangat sangat sabar n terus membantu satu persatu peserta yang bingung sampai akhirnya selesai semua. Sesi selanjutnya praktek langsung Product Photography dengan objeknya produk para peserta sendiri.
Sesi terakhir di hari terakhir, praktek langsung penggunaan Canva untuk membuat Brand, Marketing n Content Copywriting produk. Ternyata banyak juga yang belum tau tentang Canva, padahal aplikasi ini sangat amat memudahkan para UMKM untuk membuat content marketing baik dalam bentuk digital maupun nanti dicetak dalam bentuk flyers, sticker dll.
Acara diakhiri dengan sesi foto bersama dengan para Mentor E-Smart & Perwakilan Dinas PPUPKM
Aku yang selalu haus ilmu sangat amat merasa 'terpenuhi' dengan pelatihan 3 hari ini, semoga makin banyak peserta UMKM lain yang merasakan manfaat dari Pemerintah untuk memajukan UMKM Indonesia.
UMKM Indonesia. Maju! Maju! Maju!
No comments:
Post a Comment