Thursday, April 29, 2010

Asal muasal TOKAI *upsss*

Heyhooo... jangan salah paham ya sama judulnya, itu cuma strategi aku dalam menarik perhatian pembaca lewat judul aja looh.. hehehehe

Pasti banyak yang udah tau, ada korek api gas dengan merk TOKAI kan?! Ups.. bukan bermaksud jorok atau apa.. tapi ternyata dibalik merk korek api gas nomer 1 itu, ada cerita lucu looh... Cerita ini aku baca dari buku si pencetus iklan korek api gas dengan merk sensasional ini...


*nah maksudnya TOKAI yang iniii.. hehehe*


Di bukunya yang b'judul, "Ngobrolin Iklan Yuk", bapak Budiman Hakim ini bener2 ngajak ngobrol n nambahin wawasan pembacanya, lebih spesifiknya wawasan tentang dunia periklanan.



Di halaman 40-44 pak Budiman Hakim yang dibukunya bilang lebih enak dipanggil om budy aja, cerita tentang pertama kalinya dipanggil untuk wawancara kerja di biro iklan. waktu di panggil untuk wawancara om budy ngotot kalo dia ga pernah ngirim surat lamaran, tapi ternyata pacarnya yang nyebarin surat lamaran ke berbagai perusahaan. Finally, demi menghormati si pacar, om budy dateng untuk wawancara dan harus nunggu creative advisor perusahaan itu selama 1 jam.

Pas akhirnya mulai wawancara dengan sedikit basa basi, sang creative advisor (Gregg Geist)nyuruh om budy untuk bikin iklan media cetak yang harus diselesaikan selama satu minggu, tapi berhubung om budy ini ga niat2 banget untuk kerja disana, akhirnya dy ngajuin diri untuk nyelesain desain hari itu juga, dan yang mencengangkan om budy menolak dikasih waktu 3 jam, om budy malah minta 30 menit aja dy bisa selesain desainnya..

Disini aku copy aja ya kata2nya om budy dari bukunya, soalnya kata2 ini yang bikin tercengang.... hohoho

"Apa yang ada di otak saya sederhana aja. Kalo kerjaan makin jelek akibatnya makin bagus. Saya jadi ga diterima dan ga perlu kerja disini, saya kan baru lulus, jadi masih pengen nganggur, pengen ngeband dulu di cafe-cafe, pengen naik gunung sama temen0temen. Dan kalau seandainya mau bekerja pun belum tentu saya mau kerja di sini. Siapa juga yang mau kerja di periklanan. TOKAI! Umpat saya

"Gregg meninggalkan saa di ruangan dengan segepok kertas HVS, Pinsil, spidol, TipEx, dll. Saya disuruh bikin iklan apa aja dan ga perlu bagus2. cukup orek-orekan doang. Terus saya bikin bidang hitam pekat. Ga ada gambar apa-apa. Cuma item. terus ada tulisan putih cukup besar berbunyi "TOKAI!!!!!!" Fuiiiiih.... perasaan jadi sedikit lega bisa mencurahkan kekesalan saya yang tanpa dosa telah terdampar di tempat ini"

Dan baru 15 menit, om budy udah selesai dengan tugas itu, dan kasih penjelasan tentang iklan apa yang dibuat itu,

"Saya bilang ini iklan korek api merek TOKAI. Gambarnya item semua karena lagi mati lampu.Jadi orangnya ga keliatan. Orangnya mau nyalain lilin tapi ga punya korek. Makanya dia teriak "TOKAI!" maknanya ganda. Pertama bisa berarti makian kesal karena mati lampu ga ada korek, tapi bisa juga berarti dia minta seseorang meminjamkannya korek api. Huahahahahhaha haha mampus lu gie kibulin!

Di luar dugaan sama sekali bencana yang lebih besar terjadi. kedua tangannya mencengkram pundak saya, matanya membelalak mengerikan. Bayangkan! Dia bertubuh tinggi besar, gendut, kepala botak dengan kumis dan jenggot yang sangat lebat. Tanpa melepaskan tangannya dari pundak saya, dia berkata keras: "Kamu diterima! kapan kamu bisa mulai? minggu depan? atau besok?"


Yap.... itulah kisah om budy dengan TOKAInya yang aku ambil dari bukunya pak Budiman Hakim sendiri...

Sekalian promosi, buku ini bagus banget... seru kaya lagi baca teenlit aja, cuma ini nambah wawasan loh... Cerita TOKAI tadi baru satu kasus kocak yang bikin ketawa, banyak lagi cerita2 lucu dari buku itu...

Sumber: Hakim, Budiman. Ngobrolin Iklan Yuk. Yogyakarta: Galang Press. 2007

No comments:

My Wish List

  • Andromax V
  • Online Shop
  • Rumah Jajan Feeza Faza
  • Minimalis House
  • Suzuki Splash